cover
Contact Name
Heronimus Maryono
Contact Email
heronimus.maryono@pmbs.ac.id
Phone
+6221-7511126
Journal Mail Official
penerbitan@pmbs.ac.id
Editorial Address
Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya Kampus BSD City, Edutown Kavling Edu 1 No 1 Jl BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang - 15339. Banten - Indonesia
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
ISSN : -     EISSN : 27212084     DOI : https://doi.org/10.21632/jpmi
JPMI memiliki ruang lingkup nasional, mencakup berbagai topik seputar pemberdayaan kewirausahaan masyarakat yang dilakukan dalam kegiatan pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran-pemikiran dan gagasan-gagasan konseptual serta hasil-hasil penelitian yang telah dicapai dalam bidang pengabdian kepada dan pengembangan masyarakat. JPMI berisi berbagai gagasan, penemuan, dan hasil penelitian dari berbagai kegiatan yang dilakukan baik oleh para mahasiswa maupun dosen Universitas Prasetiya Mulya dan institusi lain dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, kesulitan, tantangan dan beragam permasalahan terkait pengembangan wirausaha masyarakat yang diselenggarakan PPKM Universitas Prasetiya Mulya maupun institusi pendidikan atau lembaga lain. Kegiatan pengembangan masyarakat (Community Development) yang diselenggarakan PPKM Prasetiya Mulya dan institusi lain, dalam konteks lingkup jurnal ini, melibatkan masyarakat sebagai mitra dan bertujuan untuk pengembangan kesejahteraan masyarakat.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)" : 6 Documents clear
Urgensi Partisipasi Masyarakat dalam Proses Pengembangan Masyarakat di Komunitas Miskin Perkotaan Kania Saraswati Harisoesyanti; Annisah Annisah
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.314 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.2.220-232

Abstract

Kompleksitas masalah di perkotaan tidak cukup hanya diatasi secara sektoral, tetapi butuh kerjasama dari berbagai stakeholder; pemerintah, NGO, perguruan tinggi, dan masyarakat. Pengembangan masyarakat merupakan salah satu cara untuk mengatasi kompleksitas masalah ini. Kajian sebelumnya menunjukkan bahwa partisipasi menjadi faktor penentu keberhasilan program pengembangan masyarakat. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan peran penting partisipasi masyarakat dalam proses pengembangan masyarakat di komunitas perkotaan. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus, dan observasi di Kampung Cikini-Ampiun, Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengembangan masyarakat yang dijalankan di wilayah ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan keterbatasan ruang bermain bagi anak dengan memanfaatkan fasilitas umum yang tersedia yaitu Rumah Pintar. Namun demikian, upaya pengembangan masyarakat ini tidak dapat berjalan secara maksimal karena minimnya partisipasi masyarakat setempat. Kurangnya kesadaran akan manfaat dari Rumah Pintar dan konflik antar warga sebagai faktor utama minimnya partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, penting dilakukan berbagai upaya pendekatan sebelum penerapan program pengembangan masyarakat agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam proses pengembangan masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dan pengembangan masyarakat dapat berkelanjutan.
Pemberdayaan Usaha Kue Kering dan Dampak Pembaharuan Aspek Pemasaran, Operasional, Sumber Daya Manusia dan Finansial Daniel Sului; Erric Soemarto; Nathaniel Alvin; Safiya Nada Arina; Stephanie Lai; Riyan Anggriawan
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1816.438 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.2.117-132

Abstract

Dengan satu bulan pengamatan lapangan langsung, kelompok di sini untuk melaporkan semua kemajuan, karakteristik, dan kecenderungan untuk usaha kecil dan menengah di sana. kelompok telah menyadari bahwa melakukan usaha kecil menengah di Gadog sangat berbeda di kota-kota besar dimana beberapa perbedaan berupa UKM di Gadog masih memegang nilai kebersamaan keluarga dimana setiap anggota keluarga memiliki bagian mereka sendiri dalam melakukan bisnis. Selain itu, dilihat dari bisnis yang kelompok amati, teknologi juga telah mengambil bagian dalam pertumbuhan bisnis di mana biasanya yang menjalankan media sosial atau pasar online adalah putra atau putri mereka yang lebih paham teknologi. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan usaha kue kering “Senada Cookies” dari segi aspek pemasaran, Operasional, Sumber daya manusia, dan finansial. Metode yang digunakan adalah diversifikasi produk, Peningkatan Efisiensi Proses Produksi, Pencatatan Keuangan yang Komprehensif, Pemberian Modal dan Pendampingan Usaha, dan Revitalisasi merek dan pembaharuan marketing. Untuk merealisasikan objektif ini, maka kelompok sudah melakukan beberapa penyelesaian yaitu Mempercepat pembuatan selai nastar, Pencarian supplier tetap untuk bahan baku, Pemasaran Melalui Media Sosial, Pembaruan Harga Penjualan Pokok, Pembaruan Label Kemasan Produk, dan pengembangan produk baru
Peran Teori Business Process Improvement “DMAIC” terhadap perkembangan usaha BUMDES Aaron Linartha; Dheani Nadya; Fransisco Vito; Jason Lie; Nadya Milenis; Viona Sinaga; Anastasia Noviyanti
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.101 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.2.135-147

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki peran sebagai mitra kami dalam pelaksanaan program Community Development 2020. BUMDes memiliki peran sebagai lembaga desa yang berfungsi menciptakan kesejahteraan warga dengan memanfaatkan aset dan potensi desa dan dipersenjatai modal penyertaan dari desa. Setelah masa periode live in yang berlangsung hingga akhir februari, terjadi wabah Covid-19 yang mempengaruhi seluruh unit usaha BUMDes. Saat ini BUMDes sedang melakukan restorasi bisnis seiring dengan aturan pemerintah dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar Transisi menuju kehidupan normal baru. Salah satu upaya restorasi tersebut dengan cara menggunakan teori Perbaikan proses bisnis yaitu DMAIC terhadap perkembangan usaha BUMDes. Penggunaan alat bantu ini yaitu dengan cara menganalisa akar dari suatu permasalahan dan berdasar pada hal tersebut masalah tersebut dapat ditemukan solusinya agar menjadi aspek pengembangan. Dari hasil analisa yang kami lakukan, kami menemukan beberapa akar permasalahan perlu diselesaikan oleh mitra kami. Selain itu, kami juga mengolah beberapa rekomendasi sebagai solusi yang dapat memperbaiki kinerja dari BUMDes Karya Mandiri dalam waktu dekat
Pengembangan Usaha Kecil Menengah melalui Pengolahan “Bilqis” di Desa Cipanas, Jawa Barat Candrika Edith Ardyanisa; Ellisa Serona; Filbert Giovanni; Nicholas Gunawan; Riandra Raina Mukti; Vania Pradipta Gunawan
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1622.011 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.2.148-168

Abstract

Kecamatan Cipanas, Jawa Barat merupakan sebuah desa berkembang yang memiliki berbagai usaha kecil yang bersaing dalam pasar yang sama, salah satunya adalah usaha Bilqis yang menawarkan makanan ringan tradisional. Sebelum program kemitraan masyarakat ini, usaha tersebut mengalami berbagai permasalahan yang menghambat pertumbuhan, diantara lainnya, keterbatasan modal, inkonsistensi pada kualitas produk, minimnya jalur pemasaran produk, dan ketidakpastian dalam perhitungan biaya modal. Selama kegiatan program kemitraan tersebut, banyak sekali perkembangan yang tercapai untuk memenuhi target jangka pendek, maupun panjang, dan jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan performa bisnis usaha Bilqis. Untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan, sejumlah solusi telah diimplementasikan pada keempat fungsi bisnis, seperti pemasaran, melalui memperkuat identitas merek dengan meningkatkan desain logo dan kemasan produk, membuat alat promosi seperti spanduk dan x-banner untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek, meluaskan sarana distribusi melalui platform daring dan luring, dan diversifikasi produk. Selebihnya, perkembangan pada fungsi operasional merupakan pembuatan system of procedures (SOP) untuk memastikan konsistensi kualitas produk, pada aspek keuangan adalah mengajarkan akuntansi dasar, dan juga pengelolaan sumber daya manusia.
Pengembangan Proses Bisnis Produk Kartini: Produksi Sistik Olahan dari Daun Kelor Veronica Thalia Gunawan; Ericssen Ericssen; Christopher Lorenzo Dinata; Deborah Eirene Mai; Stanley Yosaphat Tjondro; Varen Phangkajaya; Sesaria Kiki Tamara
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2050.482 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.2.169-187

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (UKM) Universitas Prasetiya Mulya dilakukan dengan tujuan mengembangkan usaha milik mitra UMKM yang bekerjasama dengan Universitas Prasetiya Mulya. Melalui jurnal ini, salah satu usaha yang dikembangkan adalah “Produk Kartini” yaitu usaha UMKM yang menjual berbagai macam keripik dengan harga terjangkau dan terbuat dari berbagai macam bahan alternatif yang baik untuk kesehatan dan aman dikonsumsi oleh segala usia. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjabarkan dan memberikan gambaran mengenai pendampingan yang tim penulis telah lakukan baik dari segi operasional, pemasaran, keuangan, dan sumber daya sehingga didapatkan adanya peningkatan signifikan dalam keberhasilan usaha. Keberhasilan ini dapat terlihat dari meningkatnya produksi hingga 5-10 kg per bulan, telah adanya laporan laba rugi secara rutin serta pemisahan laporan keuangan usaha dengan pribadi oleh mitra, adanya logo dan fakta nutrisi dari kemasan sebgai salah satu teknik pemasaran, telah terjangkaunya 4 titik konsinyasi baru, varian produk baru, serta adanya pemasaran melalui sosial media produk untuk memperluas jangkauan konsumen.
Analisis Faktor dan Penerapan Metode Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah: Usaha Camilan Olahan Jamur Alexander Carferix Putra; Calvin Kovaldo; Giovanni Putri Hendrata; Helen Adriana Wijaya; Jennifer Aurelia; Vincent Yovian; Evan Evander Subagyo
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2490.558 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.2.188-219

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu komponen yang penting dalam perekonomian Indonesia karena dapat memperkuat ekonomi dan memiliki kemampuan untuk menyerap tenaga kerja. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengaplikasikan strategi pembangunan usaha yang optimal untuk mendukung perkembangan UMKM. Tujuan dari penulisan artikel adalah untuk mengenal pentingnya perkembangan usaha UMKM sebagai kontribusi pada perekonomian nasional dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pemberdayaan pengusaha UMKM. Artikel ini ditujukan untuk menganalisa strategi pengembangan UMKM, khususnya di Kabupaten Cianjur. Terdapat upaya untuk mengembangkan usaha Ngejamoer yang mencakup process analisis faktor internal, faktor eksternal dan evaluasi kinerja pengusaha dalam perkembangan UMKM, dalam meningkatkan potensi mitra dengan melakukan inovasi dalam proses produksi, meningkatkan tingkat efisiensi operasional, pengaturan finansial usaha dan memperluas jaringan pemasaran. Kendala utama yang dihadapi pengusaha UMKM merupakan kemampuan manajerial, permasalahan modal, keterampilan operasional, kendala pemasaran, membangun brand awareness dan kurang mengimplementasikan strategi untuk mempertahankan pasar yang telah ada. Setelah perbaikan dalam segi operasional, branding, pemasaran, perluasan channel distribusi dan pengelolaan keuangan, terdapat pengaruh positif pada usaha Ngejamoer. Dampak positif yang dialami merupakan perbaikan proses internal usaha dalam aspek produksi dan keuangan, peningkatan brand awareness dan terdapat peningkatan peningkatan pada penjualan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6